Mau Bikin Game Esport? Ini Pelajaran Penting dari 4 Esport Paling Populer!

Tidak dapat dipungkiri perkembangan esport begitu pesat lima tahun belakangan ini. Tidak heran banyak game yang mencoba masuk ke ranah esport! Namun ada baiknya kita ambil pelajaran dari empat game esport populer berikut ini!
1
Dota 2

Dota 2 menjadi salah satu esport populer sedunia. Tidak heran karena Dota 2 hampir dimainkan oleh 1,3 juta orang pada puncaknya! Apa rahasianya bagi Dota 2 bisa menjaga kelangsungan game dan juga menjadi salah satu turnamen esport dengan hadiah terbesar?
Menurut Alan “Nahaz” Bester, seorang asisten profesor dan juga pengamat esport, Dota 2 memiliki keunggulan mengenai kesimbangan yang dinamis. Ia memberi banyak pujian pada IceFrog sang lead developer beserta timnya untuk mewujudkan hal ini.
Keseimbangan Dota 2 diciptakan atas dua pilar. Pertama adalah melalui buff dan nerf pada hero, yang kedua adalah keseimbangan permainan yang disasar pada MMR tingkat tinggi dengan harapan akan memengaruhi MMR di tingkat menengah ke bawah.
Terbukti dengan dihuni 112 hero, 107 hero tersebut berhasil muncul di The International 2017 dan memenangkan minimal satu game. Hal ini menjadi faktor kuat yang membuat Dota 2 begitu dikenal sebagai esport populer!

Namun Dota 2 juga bukan tidak memiliki masalah. Masalah yang dianggap penting adalah perilaku para pemain dengan level tinggi yang kerap kali bersifat toxic. Fitur report yang disematkan pun terkesan tidak memberi perubahan banyak pada masalah ini.
Hal ini penting karena para pemian ditingkat atas adalah para calon pro player. Sehingga stabilitas kondisi pada kompetisi level atas harus dijaga sebaik mungkin!
2
CS: GO

Masih berbicara mengenai salah satu game buatan Valve. CS:GO juga menjadi salah satu game FPS yang digemari dan menjadi salah satu esport populer. Memiliki histori panjang, CS:GO memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya begitu populer!
Sebagai salah satu game esport, CS:GO dianggap menyajikan pertempuran yang menengangkan dengan fase yang pas. Nahaz mengibaratkannya mirip dengan american football di mana tim saling bergantian untuk menyerang dalam rentang waktu yang pas.
Setiap tim akan bergantian untuk bermain sebagai CT atau Terrorist dan bermain dalam maksimal 30 babak dengan masing-masingnya berdurasi sekitar 2-3 menit. Hal ini membuat para tim harus mengatur tempo untuk dapat meraih kemenangan!

Fase yang pas tersebut dianggap menjadi salah satu kelebihan CS:GO dari sudut pandang Nahaz. Namun bukan berarti game ini lepas dari masalah. Ia juga beranggapan bahwa Valve sangat lambat dan kurang merangkul komunitasnya!
Ia sangat menyayangkan berkali-kali para pemain Dota 2 dan CS:GO harus menyelesaikan masalah atau drama yang timbul melalui media sosial seperti Reddit yang menurutnya tidak sehat.
Padahal bila Valve sedikit lebih merangkul, masalah tersebut tidak akan muncul dari awal!