Secara keseluruhan, bagaimana kamu melihat EWC 2024 selama 8 minggu? Seberapa sukseskah turnamen ini dalam mencapai tujuannya?
Secara keseluruhan, dapat dikatakan bahwa turnamen yang diadakan dalam EWC 2024 memenuhi statistik yang diharapkan.
Popularitas turnamen secara umum sejalan dengan popularitas keseluruhan game yang menjadi ajang kompetisi ini.
Minggu-minggu yang paling sukses dalam hal jumlah penonton adalah tiga minggu pertama dari acara tersebut.
Setelah itu, jumlah penonton menurun drastis, yang mana hal ini sudah diperkirakan sebelumnya, mengingat turnamen paling populer dijadwalkan pada minggu-minggu awal.
Dibandingkan dengan turnamen esports multi-event lainnya seperti WCG dan IESF WEC, bagaimana performa EWC 2024?
Dibandingkan dengan turnamen-turnamen yang disebutkan di atas, EWC 2024 memberikan statistik yang jauh lebih mengesankan.
Dalam pandangan saya, membandingkan kedua ajang ini mungkin tidak sepenuhnya adil (meskipun saya mengerti mengapa keduanya dipilih sebagai pembanding).
IESF/WEC dan WCG, paling banter, merupakan acara tingkat-2, sedangkan EWC secara signifikan mengungguli mereka.
Apa dampak dari EWC 2024 terhadap judul-judul esports yang dimainkan di turnamen ini, serta tim-tim yang berpartisipasi?
EWC terbukti menjadi acara yang sangat signifikan bagi banyak judul game. Misalnya, Mobile Legends, yang sangat populer, akhirnya mendapatkan turnamen dengan jumlah hadiah yang sesuai dengan jumlah penontonnya yang sangat besar.
Game seperti Fortnite bereksperimen dengan format tim baru, dan Teamfight Tactics, yang tidak memiliki banyak acara internasional, mendapatkan dukungan yang berharga melalui EWC untuk kancah esports-nya.
Selain itu, EWC memberikan dorongan yang signifikan terhadap perkembangan Honor of Kings, yang baru saja mendapatkan momentum setelah dirilis secara global tahun ini.
Penunjukan Riyadh sebagai tuan rumah EWC 2024 Sempat mengundang kekhawatiran tentang “sportswashing”. Apakah tuduhan ini memengaruhi jumlah penonton EWC 2024?
Sulit untuk menentukan apakah tuduhan ini secara langsung memengaruhi jumlah penonton, karena tidak ada alat khusus untuk mengukurnya.
Namun, angka-angka yang kami laporkan sudah jelas. Penonton yang hadir sangat mengesankan, dengan beberapa aspek yang perlu ditingkatkan. Hal ini wajar terjadi pada acara apa pun.
Seberapa sulitnya mempertahankan jumlah penonton selama 8 minggu penyelenggaraan EWC 2024?
Mempertahankan antusiasme penonton di seluruh festival, mengingat popularitas game yang berbeda, hampir tidak mungkin dilakukan.
Namun, ada kemungkinan untuk mencapai distribusi penonton yang lebih merata sepanjang durasi EWC 2024 yang begitu panjang.
Hal ini dapat dilakukan dengan menjadwalkan turnamen sedemikian rupa, sehingga judul-judul game populer tidak terkonsentrasi hanya dalam beberapa minggu.
Menurutmu, apakah EWC 2024 dapat diselenggarakan dengan lebih efisien, misalnya, menyelenggarakan turnamen dalam waktu kurang dari 8 minggu atau mengurangi jumlah game yang dimainkan?
Sulit untuk menjawab pertanyaan ini secara pasti, karena hal ini sangat bergantung pada tujuan penyelenggara EWC.
Menyelenggarakan acara selama 8 minggu adalah hal yang sangat ambisius, dan penyelenggara mungkin menyadari bahwa mempertahankan antusiasme penonton yang tinggi secara konsisten selama acara berlangsung mungkin akan sulit.
EWC 2025 telah dipastikan akan diselenggarakan tahun depan. Menurutmu, apa yang perlu mereka tingkatkan agar acara tahun depan menjadi lebih baik?
Menurut saya, meningkatkan casting komunitas (restream) dapat membuat perbedaan yang signifikan untuk acara tahun depan.
Koordinasi yang lebih baik dengan para co-caster, seperti yang dilakukan oleh streamer Gaules yang memposting jadwal pertandingan EWC dan meliput banyak acara di dalam festival, dapat bekerja dengan sangat baik.
Beberapa co-caster mengumumkan bahwa mereka akan menyiarkan final berbagai turnamen, tetapi tidak benar-benar melakukannya.
Meskipun ada banyak streamer populer yang terlibat dalam EWC, ada kalanya penonton tidak mendapatkan konten yang mereka harapkan dari mereka.
Selain itu, memiliki streaming POV dari para pemain dalam genre Battle Royale (seperti Fortnite, Warzone, dan Apex Legends) akan sangat berharga.
Banyak peserta dari event ini adalah streamer yang dapat menambah jumlah penonton jika mereka meluncurkan live stream mereka sendiri.
Hal ini tidak hanya akan meningkatkan jumlah penonton, tetapi juga memperdalam keterlibatan komunitas dalam EWC 2024.
Statistik lengkap terkait Esports World Cup 2024 bisa kamu lihat di Esports Charts lewat tautan berikut ini.