Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

EKSKLUSIF: Penonton Esports World Cup 2024 Penuhi Eskpektasi

Penonton Esports World Cup 2024 dilaporkan memenuhi ekspektasi dari setiap cabang game yang dipertandingkan, menurut data yang dikumpulkan Esports Charts.

Berlangsung selama 2 bulan, EWC 2024 di Riyadh, Arab Saudi mengumpulkan belasan judul game esports dengan prize pool mencapai jutaan USD.

Gelaran paling ambisius dalam dunia esports ini tentunya membawa tantangan mulai dari sisi logistik hingga viewership secara online dan offline.

Kini, dengan berakhirnya EWC 2024, statistik resmi turnamen ini telah hadir dan bisa ditelaah untuk mengukur kesuksesannya.

GGWP kembali duduk bersama co-founder dan CEO Esports Charts, Artyom Odintsov, untuk melakukan tanya jawab seputar statistik penonton EWC 2024 dan apa saja pencapaian yang diraih oleh turnamen esports multi-event tersebut.

Statistik penonton Esports World Cup 2024

1. Total penonton dan peak viewership

Esports Charts

Berapa statistik penonton yang diperoleh selama 8 minggu penyelenggaraan Esports World Cup 2024?

Esports World Cup 2024 yang diselenggarakan di Riyadh mengumpulkan total 116,5 juta Jam Ditonton dari lebih dari 1,17 ribu jam tayang (selama 2 bulan).

Secara keseluruhan, seluruh rangkaian acara, termasuk turnamen kualifikasi, mengumpulkan lebih dari 121 juta Jam Ditonton.

Apa saja 5 turnamen teratas yang paling banyak ditonton di EWC 2024?

Di antara semua turnamen yang diadakan selama EWC 2024, MSC 2024 (MLBB men) dan Riyadh Masters 2024 (Dota 2) sangat menonjol.

Keduanya merupakan satu-satunya turnamen yang melampaui 20 juta Jam Ditonton, masing-masing 29,1 juta dan 26,3 juta jam.

Apakah ada fluktuasi jumlah penonton setiap minggunya? Minggu mana yang mengumpulkan paling banyak dan paling sedikit penonton?

Tentu saja ada. Jumlah penonton turnamen sangat bervariasi dari minggu ke minggu, sebagian besar tergantung pada game mana yang dimainkan selama minggu tersebut.

Minggu yang paling sukses dari sisi jumlah penonton adalah minggu pembukaan, yang menampilkan turnamen-turnamen terpopuler untuk Mobile Legends, League of Legends, dan Dota 2.

Minggu terlemah dalam hal statistik adalah minggu terakhir, yang menampilkan turnamen untuk PUBG, Tekken, Rennsport, dan Rocket League.

Esports Charts

EWC 2024 juga menampilkan pertandingan show matcn dan turnamen sampingan seperti EWC Showmatch with Neymar dan HOK SEA Showdown. Manakah dari turnamen-turnamen ini yang paling populer dalam hal jumlah penonton dan jumlah penonton terbanyak?

Jika kita menganggap SEA Showdown di HoK Invitational Midseason sebagai showmatch / kualifikasi yang berdiri sendiri, maka turnamen itu adalah yang paling populer.

Pertandingan antara BOOM Esports dan RRQ mencapai puncaknya dengan lebih dari 193.000 penonton bersamaan dan menariknya mengumpulkan jumlah total jam menonton yang sama persis.

Jika kita mengecualikan turnamen dan pertandingan kualifikasi, dan hanya berfokus pada showmatch dan kegiatan non-game lainnya, upacara penutupan mencapai jumlah penonton tertinggi (232.2K Peak Viewers / 424K Jam Ditonton).

Sementara itu, Celebrity Showmatch yang menampilkan Neymar menarik 33,5 juta Peak Viewers dan mengumpulkan total 55 juta Jam Ditonton.

Menurut pendapatmu, turnamen EWC 2024 mana yang melebihi ekspektasi dalam hal jumlah penonton? Dan juga, turnamen mana yang berada di bawah ekspektasi?

Secara keseluruhan, sebagian besar turnamen menunjukkan jumlah penonton yang kuat, beberapa diantaranya berada di antara event yang paling populer dan paling banyak ditonton dalam judul game masing-masing berdasarkan statistik 2024 sejauh ini.

Namun, masih ada potensi pertumbuhan bagi turnamen-turnamen tersebut. Tidak ada turnamen, kecuali kompetisi Honor of Kings, yang mencapai puncaknya atau mencetak rekor signifikan tahun ini, sehingga masih ada ruang besar untuk perbaikan.

2. Hikmah yang bisa dipelajari sepanjang 2 bulan EWC 2024

Dok. Esports World Cup

Secara keseluruhan, bagaimana kamu melihat EWC 2024 selama 8 minggu? Seberapa sukseskah turnamen ini dalam mencapai tujuannya?

Secara keseluruhan, dapat dikatakan bahwa turnamen yang diadakan dalam EWC 2024 memenuhi statistik yang diharapkan.

Popularitas turnamen secara umum sejalan dengan popularitas keseluruhan game yang menjadi ajang kompetisi ini.

Minggu-minggu yang paling sukses dalam hal jumlah penonton adalah tiga minggu pertama dari acara tersebut.

Setelah itu, jumlah penonton menurun drastis, yang mana hal ini sudah diperkirakan sebelumnya, mengingat turnamen paling populer dijadwalkan pada minggu-minggu awal.

Dibandingkan dengan turnamen esports multi-event lainnya seperti WCG dan IESF WEC, bagaimana performa EWC 2024?

Dibandingkan dengan turnamen-turnamen yang disebutkan di atas, EWC 2024 memberikan statistik yang jauh lebih mengesankan.

Dalam pandangan saya, membandingkan kedua ajang ini mungkin tidak sepenuhnya adil (meskipun saya mengerti mengapa keduanya dipilih sebagai pembanding).

IESF/WEC dan WCG, paling banter, merupakan acara tingkat-2, sedangkan EWC secara signifikan mengungguli mereka.

Dok. Esports World Cup

Apa dampak dari EWC 2024 terhadap judul-judul esports yang dimainkan di turnamen ini, serta tim-tim yang berpartisipasi?

EWC terbukti menjadi acara yang sangat signifikan bagi banyak judul game. Misalnya, Mobile Legends, yang sangat populer, akhirnya mendapatkan turnamen dengan jumlah hadiah yang sesuai dengan jumlah penontonnya yang sangat besar.

Game seperti Fortnite bereksperimen dengan format tim baru, dan Teamfight Tactics, yang tidak memiliki banyak acara internasional, mendapatkan dukungan yang berharga melalui EWC untuk kancah esports-nya.

Selain itu, EWC memberikan dorongan yang signifikan terhadap perkembangan Honor of Kings, yang baru saja mendapatkan momentum setelah dirilis secara global tahun ini.

Penunjukan Riyadh sebagai tuan rumah EWC 2024 Sempat mengundang kekhawatiran tentang “sportswashing”. Apakah tuduhan ini memengaruhi jumlah penonton EWC 2024?

Sulit untuk menentukan apakah tuduhan ini secara langsung memengaruhi jumlah penonton, karena tidak ada alat khusus untuk mengukurnya.

Namun, angka-angka yang kami laporkan sudah jelas. Penonton yang hadir sangat mengesankan, dengan beberapa aspek yang perlu ditingkatkan. Hal ini wajar terjadi pada acara apa pun.

Seberapa sulitnya mempertahankan jumlah penonton selama 8 minggu penyelenggaraan EWC 2024?

Mempertahankan antusiasme penonton di seluruh festival, mengingat popularitas game yang berbeda, hampir tidak mungkin dilakukan.

Namun, ada kemungkinan untuk mencapai distribusi penonton yang lebih merata sepanjang durasi EWC 2024 yang begitu panjang.

Hal ini dapat dilakukan dengan menjadwalkan turnamen sedemikian rupa, sehingga judul-judul game populer tidak terkonsentrasi hanya dalam beberapa minggu.

Dok. Esports World Cup

Menurutmu, apakah EWC 2024 dapat diselenggarakan dengan lebih efisien, misalnya, menyelenggarakan turnamen dalam waktu kurang dari 8 minggu atau mengurangi jumlah game yang dimainkan?

Sulit untuk menjawab pertanyaan ini secara pasti, karena hal ini sangat bergantung pada tujuan penyelenggara EWC.

Menyelenggarakan acara selama 8 minggu adalah hal yang sangat ambisius, dan penyelenggara mungkin menyadari bahwa mempertahankan antusiasme penonton yang tinggi secara konsisten selama acara berlangsung mungkin akan sulit.

EWC 2025 telah dipastikan akan diselenggarakan tahun depan. Menurutmu, apa yang perlu mereka tingkatkan agar acara tahun depan menjadi lebih baik?

Menurut saya, meningkatkan casting komunitas (restream) dapat membuat perbedaan yang signifikan untuk acara tahun depan.

Koordinasi yang lebih baik dengan para co-caster, seperti yang dilakukan oleh streamer Gaules yang memposting jadwal pertandingan EWC dan meliput banyak acara di dalam festival, dapat bekerja dengan sangat baik.

Beberapa co-caster mengumumkan bahwa mereka akan menyiarkan final berbagai turnamen, tetapi tidak benar-benar melakukannya.

Meskipun ada banyak streamer populer yang terlibat dalam EWC, ada kalanya penonton tidak mendapatkan konten yang mereka harapkan dari mereka.

Selain itu, memiliki streaming POV dari para pemain dalam genre Battle Royale (seperti Fortnite, Warzone, dan Apex Legends) akan sangat berharga.

Banyak peserta dari event ini adalah streamer yang dapat menambah jumlah penonton jika mereka meluncurkan live stream mereka sendiri.

Hal ini tidak hanya akan meningkatkan jumlah penonton, tetapi juga memperdalam keterlibatan komunitas dalam EWC 2024.

Statistik lengkap terkait Esports World Cup 2024 bisa kamu lihat di Esports Charts lewat tautan berikut ini.

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
Mecca Medina
EditorMecca Medina
Follow Us