Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

Apa Itu Rollback Netcode yang Sering Disebut di Game Fighting?

Kalau kalian melihat berita tentang game fighting, mungkin kalian sering bertemu dengan istilah “rollback netcode”, dan kalian bingung apa sih itu?

Kebetulan banget, nih! Kali ini, kami mau sedikit membahas tentang penjelasan rollback netcode sampai beberapa contoh game yang menggunakannya!

Kalau kalian tertarik dengan game fighting, kalian harus baca sampai selesai, ya!

Rollback Netcode? Apa Sih Itu? Kegunaannya Untuk Apa?

Penjelasan dari Mystic Code

Kalian yang suka main game secara daring (online) pasti tahu tentang input delay yang terjadi di beberapa game, kan?

Meskipun input delay mungkin bisa berfungsi dengan baik untuk game-game online yang berbasis RPG, di game fighting hal tersebut malah jadi masalah.

Dengan tujuan mengurangi delay dari input di game fighting tersebut lah rollback muncul dan diciptakan.

Simpelnya, bisa dibilang kalau rollback netcode adalah sistem komunikasi permainan daring yang mengurangi latency di dalam game tersebut.

Dengan berkurangnya latency ini, pertarungan antara pemain di belahan dunia yang berbeda akan terasa lebih nyaman.

Gimana cara kerja rollback netcode?

King of Fighters XIII – Global Match

Rollback netcode punya cara kerja yang cukup unik, di mana ia akan membuat prediksi tentang gerakan yang akan digunakan oleh tiap pemain.

Awalnya, setiap input yang dimasukkan oleh pemain akan disimpan secara luring (offline) sebelum dikirimkan lewat jaringan.

Kalau nanti ternyata prediksi yang dibuat tidak tepat atau berbeda dengan input yang sudah disimpan, sistem akan melakukan roll back ke input yang tepat dalam hitungan kurang dari 1 detik.

Karena kemampuannya untuk mengoreksi atau roll back ke input yang benar itu lah, sistem ini disebut dengan rollback netcode.

Apa yang membuat rollback netcode lebih baik?

Dragon Ball FighterZ

Selain rollback, pilihan lainnya adalah delay-based netcode yang menggunakan input delay untuk memastikan input dari kedua pemain sudah sinkron.

Meski begitu, hal ini bisa membuat pencetan tombol jadi terlembat. Kalian bisa menekan tombol untuk lompat, tapi butuh beberapa detik untuk karakter kalian melompat.

Karenanya, untuk game fighting yang benar-benar membutuhkan input yang presisi, hal tersebut bukanlah hal yang ideal.

Kalian juga dapat melihat bagaimana perbedaan antara delay dan rollback lewat video dari Code Mystic di bawah ini:

Game apa saja yang menggunakan rollback?

Granblue Fantasy Versus: Rising

Di era modern ini, mulai cukup banyak game-game fighting yang sudah menggunakan rollback netcode di dalam gamenya.

Beberapa contoh game tersebut adalah:

  • Guilty Gear Xrd REV 2
  • Street Fighter 6
  • Mortal Kombat 1
  • The King of Fighters XIII: Global Match
  • Granblue Fantasy Versus: Rising
  • Under Night In-Birth II [Sys:Celes]
  • Dragon Ball FighterZ
  • Tekken 8

Untuk lebih banyak informasi seputar esports dan video game, jangan lupa untuk follow akun Instagram GGWP.ID di @ggwp_esports!

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
Jefri Sibarani
Amalia Septiyani
Jefri Sibarani
EditorJefri Sibarani
Follow Us