Manor Lords dikembangkan hampir secara mandiri oleh Greg Styczeń dari Slavic Magic. Proyeknya memakan waktu beberapa tahun dengan dukungan donasi dari Patreon, Epic MegaGrant, serta bantuan dari beberapa kontraktor dan penerbit Hooded Horse.
Usaha keras Greg dan timnya ini akhirnya membuahkan hasil yang luar biasa, dimana terbukti bahwa Manor Lords sukses besar di pasaran dan gamer sangat menyukai gamenya, baik mereka yang menyukai game city building maupun yang bukan.
Angka penjualan 2 juta kopi yang dicapai Manor Lords tidak termasuk total unduhan dari layanan Xbox Game Pass. Keberhasilan ini tidak hanya menguntungkan secara finansial tetapi juga membuktikan bahwa inovasi dan pendekatan baru dalam genre tersebut, yang kerap dianggap membosankan, sangat dihargai oleh player di seluruh dunia.
Sebelum peluncurannya, Manor Lords telah menarik perhatian banyak orang dimana terhitung ada jutaan orang yang memasukkan game tersebut ke wishlist Steam setelah perilisan trailer awalnya.
Gamenya sendiri kerap kali dibandingkan dengan franchise besar seperti Total War dan Age of Empires, namun keunikannya berhasil membuat game tersebut terkesan segar. Banyak pemain yang tertarik dengan kombinasi elemen strategis dan manajemen sumber daya yang ditawarkan oleh gamenya.