Gila! Bug di Game Silent Hill 2 Butuh 20 Tahun untuk Bisa Diperbaiki

Modder game Silent Hill 2 baru saja merilis sebuah patch yang mengatasi bug yang biasanya membuat game ini menjadi crash jika dimainkan di PC. Masalah yang menyebabkan crash pada setup dengan prosesor multicore telah mengganggu penggemar franchise ini lebih dari 20 tahun.
Ketika game ini dirilis kembali pada tahun 2001, pemain dengan prosesor multicore mungkin sedikit dan jarang, tetapi akhir-akhir ini, mereka cukup umum.
Para modder tersebut bekerja dalam kerangka proyek yang sudah berjalan lama di game Silent Hill 2 dengan nama Silent Hill 2: Enhanced Edition. Ini terdiri dari “paket peningkatan yang membuat versi PC dari Silent Hill 2 kompatibel dengan perangkat keras modern dan dapat dimainkan dalam rasio aspek layar lebar sambil meningkatkan visual, audio, dan bug.” Proyek ini “dibuat oleh tim kolaboratif programmer, modder, dan seniman.”
Silent Hill 2: Enhanced Edition adalah tentang menambahkan “kamera layar lebar, resolusi definisi tinggi, font yang ditingkatkan dan gambar 2D, audio berkualitas PlayStation 2, kabut, dan bayangan, efek pasca-pemrosesan yang dipulihkan, dukungan pengontrol yang lebih baik, dan banyak lagi.”
Mirip dengan begitu banyak port PlayStation 2 lainnya pada saat itu, Silent Hill 2 keluar di PC dengan berbagai bug dan gangguan berbeda yang membuat game ini praktis tidak dapat dimainkan. Ini hanya menjadi lebih buruk selama bertahun-tahun melalui pengenalan perangkat keras yang lebih baru dan sistem operasi modern.
“Silent Hill 2 dicintai oleh banyak orang dan dianggap sebagai contoh permainan horor yang dilakukan dengan benar,” salah satu kontributor utama proyek tersebut, Ratiocinator, mengatakan kepada GameSpot selama wawancara pada tahun 2020.
Bagi sebagian besar yang memainkannya untuk pertama kali, mereka dengan cepat menyadari apa yang membuatnya begitu istimewa yaitu visual dan concept art, atmosfer, audio dunia lain, cerita karakter, dan banyak lagi.
Rilis Silent Hill 2 di PC memperkenalkan bug yang membuat crash game yang menyebabkan crash yang konsisten ketika mesin audio streaming mencoba berinteraksi dengan prosesor multicore.