Dampak Akuisisi Microsoft: PHK Massal di Blizzard Entertainment Irlandia

Blizzard Entertainment, pengembang ternama yang menggarap game Overwatch 2, menghadapi sorotan setelah mengumumkan rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 136 karyawan di kantor mereka di Cork, Irlandia.
Integrasi dengan Microsoft setelah akuisisi terbarunya menempatkan kantor yang sebelumnya mempekerjakan sekitar 200 karyawan tersebut menjadi pusat perhatian.
Lantas bagaimana dampak akuisisi ini memicu langkah kontroversial dari Blizzard?
Dampak akuisisi Microsoft berujung PHK di Blizzard

Michéal Martin, Tánaiste Irlandia, secara resmi mengonfirmasi jumlah karyawan yang akan terkena dampak PHK ini saat memberikan pernyataan di Dáil.
Namun, belum ada tanggapan langsung dari Blizzard Entertainment terkait rencana kontroversial ini.
Mick Barry, perwakilan dari People Before Profit, menyatakan bahwa PHK ini terjadi karena perusahaan menolak bekerja sama dengan serikat pekerja yang dipilih oleh karyawan.
Eksklusi ini memunculkan pertanyaan seputar dinamika hubungan antara manajemen dan pekerja dalam industri game.
Selain Blizzard Entertainment, perusahaan hiburan lain, Embracer Group, juga mengumumkan PHK massal, memengaruhi total 1.387 karyawan.
Bahkan, penghentian pengembangan game Deus Ex juga terkait langsung dengan dampak PHK ini, menunjukkan guncangan besar dalam industri game.
Tren PHK Massal di Industri Game

Fenomena PHK massal semakin menjadi tren dalam industri game, dengan beberapa kejadian terjadi dalam beberapa bulan terakhir.
Hal ini mencerminkan dinamika yang tidak stabil dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan pekerja dan pengamat industri.
Sementara Blizzard Entertainment sejauh ini masih bungkam, masa depan karyawan di kantor Cork, Irlandia, berada di dalam ketidakpastian.
Tantangan serius juga dihadapi oleh industri game secara keseluruhan, dengan kebijakan PHK massal yang semakin meluas.
Peristiwa yang masif ini membuat industri perlu merenungkan dampak sosial yang terjadi. Ini merupakan situasi yang sulit, terlepas dari beberapa perusahaan yang “sukses” besar dengan rilisan game-nya di beberapa tahun ini.
Namun beberapa perusahaan game yang nampak aman-aman saja ternyata sedang berada di situasi sulit yang membuat mereka harus melepas beberapa pekerjanya.
Jika kita melihat begitu besarnya impact PHK massal tersebut, kira-kira bagaimana tanggapan kamu?