Demi Menangkal Cheater, EA Rela Mematenkan Teknologi ini

Kecurangan dalam permainan video adalah konsep yang sulit untuk didefinisikan, karena sebagian besar permainan dibangun dengan memberikan tantangan atau rintangan kepada pemain untuk diatasi. Namun di balik presentasinya, game hanyalah program, dan tidak ada cara bagi sebuah program untuk memahami maksud dari desain game, atau cara memainkannya, oleh karena itu jika pemain dapat menemukan cara yang tidak diinginkan untuk mengatasi tantangan game, permainan tidak punya pilihan selain menerimanya.
Kecurangan video game dapat dipecah menjadi berbagai tingkat penerimaan di antara para gamer dan pengembang. Menggunakan glitch dan eksploitasi dalam permainan pemain tunggal sebagian besar dianggap dapat diterima, meskipun banyak pemain akan berpendapat bahwa itu mengurangi pengalaman yang dimaksudkan dengan permainan, seperti menghajar boss dengan menggunakan glitch di Elden Ring misalnya.
Kecurangan dalam game multiplayer, bagaimanapun, secara luas dianggap sebagai hal yang buruk, dan di sinilah publisher besar seperti EA akan mencoba menindak sebagian besar pemain yang memberi diri mereka keuntungan yang tidak adil.
Karena online cheater tidak hanya memengaruhi pengalaman mereka sendiri dengan permainan, tetapi juga pengalaman semua orang yang bermain dengan mereka, praktik ini secara luas dianggap tidak adil. Namun, ini tidak menghentikan kecurangan online menjadi platform bisnis yang sangat menguntungkan bagi sebagian orang, karena mereka dapat menjual item yang dimodifikasi atau tingkat yang lebih tinggi kepada calon pemain yang tertarik dengan kecurangan.
Ini adalah praktik yang coba ditangani oleh EA dengan paten baru untuk sistem deteksi penipuan, yang dimaksudkan untuk menangkap akun parasit yang mencoba menjual item dalam game yang tidak sah kepada pemain online lainnya.
Ya, demi menangkal cheater, EA rela mematenkan teknologi luar biasa. Sebagian besar game sudah memiliki sistem untuk menangkap pemain menggunakan item atau mata uang dalam game yang seharusnya tidak mereka miliki, meskipun sistem ini tidak selalu dapat diandalkan, dan game seperti GTA Online telah menargetkan pemain online yang tidak bersalah.
Tetapi paten EA dibangun di atas sistem ini dengan melacak bagaimana pemain menerima item dalam game ilegal di tempat pertama. Harapan untuk paten ini tampaknya akan menghentak para pemain yang memproduksi dan menjual keuntungan yang tidak adil ini dalam game online.

Aspek penting dari paten yang perlu diperhatikan, adalah kekhususan EA saat menangani “vendor tidak resmi” daripada item dalam game yang mereka jual. Namun paten deteksi penipuan terbaru EA tampaknya lebih fokus pada menghapus kemungkinan persaingan yang tidak sah terhadap pemain yang menjual item dalam game, daripada kekhawatiran atas item dalam game ini yang memberikan keuntungan yang tidak adil dalam game online.
Gimana? Demi menangkal cheater, hal seperti sampai dilakukan loh!
Sumber: Gamerant