Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

Inilah Paten Mekanik Unik Tiap Game yang Jarang Diketahui Pemain

Sepanjang puluhan tahun, video game berkembang dengan berbagai fitur, sistem dan mekanik baru. Bahkan, tidak sedikit studio lain saling mereplika dan mampu meningkatkannya jadi lebih baik.

Meskipun begitu, beberapa studio cukup pelit dan tidak mau ide uniknya ditiru oleh orang lain. Hal tersebut membuat mereka mematenkan fitur atau mekanik dalam game tersebut.

Berikut mekanik game yang jarang diketahui pemain.

Mekanik Unik Tiap Game

1. Sistem Nemesis (Middle Earth: Shadow of Mordor/War)

Saat Middle Earth: Shadow of Mordor rilis pada tahun 2014, ekspektasi gamer telah dipecahkan.

Game yang awalnya dipandang sebagai Assassin’s Creed Fantasy berubah jadi calon kuat game of the year di tahun tersebut. Sebab, terdapat sistem nemesis yang begitu unik.

Pada game ini, kamu akan bertemu deretan pemimpin pasukan uruk yang secara dinamis akan merespon aksi yang kamu lakukan. Jika kamu mati, pangkat mereka akan naik menjadi lebih kuat.

Bahkan, lebih sombong saat bertemu lagi denganmu karena konfrontasi sebelumnya dipandang mudah baginya.

Akan tetapi, ada juga kemungkinan mereka akan bangkit kembali setelah kamu bunuh dan mencoba balas dendam.

Dinamika terhadap karakter yang bahkan tidak ada korelasi dengan cerita utama membuat Shadow of Mordor dan sekuelnya terasa punya cerita sampingan. Hal itu terasa personal dengan playthrough dan tiap pemain memiliki pengalaman berbeda.

Sistem ini dipaten oleh Warner Bros tepat setelah perilisan game. Lalu, nanti dipergunakan kembali pada game Wonder Woman yang dikembangkan oleh studio sama.

2. Dialogue Wheel (Mass Effect)

Mass Effect jadi game aksi RPG luar angkasa saat naratif jadi fokus game. Apa yang terjadi pada cerita sangat bergantung pada keputusan yang pemain ambil ketika cutscene.

Hal tersebut membuat Bioware ciptakan sistem dialog yang mudah dimengerti sekaligus nyaman diakses lewat tipe kontrol apapun.

Bioware patenkan interface dialog interactive berbentuk roda mereka pada tahun 2006 silam, atau setahun sebelum rilis Mass Effect pertama.

Paten tersebut masih aktif hingga saat ini dan Bioware sendiri sudah memanfaatkan sistem serupa pada berbagai game lain di luar Mass Effect seperti Dragon Age.

Sistem opsi dialog tentunya banyak bermunculan pada game buatan studio lain seperti Fallout 4, The Witcher 3, Deus Ex, dan game-game lainnya. Akan tetapi, di antaranya menggunakan interface roda yang sama seperti game milik Bioware.

3. Playable Loading (Ridge Racer)

Menunggu game memuat level itu terkadang buat bosan. Ditambah lagi jika berlangsungnya lama.

Maka dari itu, Namco ciptakan ide unik saat mereka munculkan mini-game tersendiri saat loading berlangsung di game Ridge Racer.

Sejak dipatenkan, tidak ada studio lain yang mencoba lakukan hal sama meskipun jadi solusi pintar untuk tetap menarik perhatian pemain saat level selanjutnya dimuat. Paten satu ini telah berakhir pada tahun 2015 silam.

Namun, dengan teknologi SSD yang dimiliki console dan PC zaman sekarang, membuat game bisa transisi secara instan. Bisa dikatakan, ide tersebut akan diabaikan meski tidak direstriksi hukum.

4. Panah Navigasi Dinamis (Crazy Taxi)

Crazy Taxi merupakan game chaotic saat kamu harus mengantarkan tiap penumpang ke lokasi secepat mungkin. Hal tersebut membuat game harus memiliki sistem navigasi yang mudah dimengerti selama pemain mengendarai mobil.

Game memiliki panah hijau besar yang secara dinamis menunjukan arah tujuan penumpang.

Akan tetapi, fitur serupa tidak muncul pada game lain karena Sega mengajukan paten akan sistem tersebut sejak tahun 1998.

Karena paten ini, game The Simpsons: Road Rage sempat terlibat masalah hukum karena punya sistem serupa di tahun 2003.

Paten ini telah berakhir pada tahun 2018 sehingga besar kemungkinan akan ada banyak game lain kembali menggunakan panah ini.

5. Sistem Last Known Position (Splinter Cell Conviction)

Terakhir, ada Splinter Cell Conviction yang juga memiliki mekanik unik. Mungkin, ini tidak menjadi seri yang dipuja-puja fans, tetapi game tersebut terdapat beberapa fitur unik yang perlu diapreasiasi.

Salah satunya mekanik yang menarik pada game ini adalah sistem last known position. Mekanik ini secara visual memberi tahu posisi musuh melihat posisimu. Maka pemain, tahu untuk tidak mendatangi titik tersebut.

Fitur lain yang dipaten oleh Ubisoft adalah sistem mark and execute. Artinya, pemain akan menandai siapa yang akan mereka bunuh sebelum menekan tombol eksekusi. Nantinya, karakter akan membunuh semuanya secara instan dan kompak.

Keduanya dimanfaatkan ke berbagai game Ubisoft lainnya mulai dari Assassin’s Creed hingga Ghost Recon.

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
Prima
EditorPrima
Follow Us