Mengulas Rush Duel, TCG Yugioh Menarik Eksklusif Jepang

Mengingat Konami saat ini tengah merayakan perjalanan menuju 25 tahun Yu-Gi-Oh!, mari kita sedikit mengulas mengenai entri eksklusif bernama Rush Duel.
Konami tampaknya sudah mulai merayakan 25 tahun perjalanan Yu-Gi-Oh!. Padahal, seri TCG populer ini baru akan berumur 25 tahun depan. Terlepas dari hal tersebut, menjadi TCG tua yang masih populer bukanlah sesuatu yang bisa diremehkan.
Sayangnya, jika ada satu hal yang selalu dibenci oleh para duelist, tentu hal tersebut berpusat pada powercreep yang terus berdatangan. Di bulan ini saja, archetype Kashtira berhasil menjadi primadona berkat efeknya yang mampu mengunci zona pemain lawan.
Lantas, apakah ada alternatif bagi para penggemar Yugioh? Tentu ada, sayangnya entri yang bernama Yu-Gi-Oh! Rush Duel ini hingga saat ini masih menjadi TCG eksklusif di Jepang. Padahal, mekanikanya tidak kalah menarik!
Eksekusi yang lumayan berbeda dibanding versi TCG biasa.
Satu hal yang membuat permainan ini berbeda hadir dalam tempo yang ditawarkan. Berbeda dengan TCG biasa, rush duel tidak memiliki batasan untuk berapa kali summon yang ingin dijalankan. Mekanika ini terasa lebih mudah dimengerti dibandingkan dengan sistem special summon yang terkesan ruwet.
Selain itu, untuk mempercepat pacing permainan, setiap pemain akan selalu menarik kartu hingga mereka memiliki lima di tangan. Hal ini meningkatkan tempo permainan, dan tidak jarang juga terjadi saling balas membalas serangan.
Satu hal yang penulis suka dari rush duel datang dari desain kartu yang ditawarkan. Kartu rush duel terkesan lebih modern dengan teks yang lebih mudah dimengerti, berbeda dengan yugioh standar yang dipenuhi dengan paragraf.
Berbicara mengenai desain, arena permainan tampak mengikuti layout yang mirip dengan speed duel. Setiap pemain memiliki tiga monster field, tiga spell and trap field. Sisanya diisi dengan zona standar seperti deck, extra deck, field, dan graveyard.
Jumlah zona kartu yang ditawarkan terlihat sedikit, namun ini tidak menjadi masalah untuk rush duel yang menawarkan alur yang begitu cepat. Proses summon yang mudah dimengerti tidak membuat tiga monster field menjadi masalah, berbeda dengan sistem link, synchro, dan lain sebagainya yang membutuhkan banyak material di field.