Netflix Menambah Investasi Mereka pada Divisi Game

Netflix terus membentangkan sayapnya di industri hiburan digital dengan semakin serius menggarap divisi game mereka. Belum lama ini mereka merekrut Alain Tascan sebagai presiden baru untuk memimpin pengembangan game di Netflix.
Jika kamu belum tahu, Tascan sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden eksekutif pengembangan game di Epic Games, dimana ia memainkan peran penting dalam mengembangkan beberapa judul populer seperti Fortnite, Lego Fortnite, Rocket League, dan Fall Guys.
Akuisisi Studio Indie

Sebagai bagian dari strategi untuk memperkaya konten game mereka, Netflix juga sudah mengakuisisi beberapa studio indie terkemuka, termasuk Night School, Boss Fight, Next Games, dan Spry Fox, selain menambah variasi dalam portofolio game mereka, tetapi juga memperkuat sisi kreatif dari segi pengembangan konten barunya.
Dengan menggandeng studio-studio ini, Netflix berharap dapat menawarkan sebuah game yang mempunyai gameplay yang lebih beragam kepada si pengguna.
Proyek Game yang Sedang Dikembangkan
Saat ini Netflix memiliki lebih dari 80 judul game yang sedang mereka kembangkan, hampir dua kali lipat dari jumlah game yang sudah tersedia di library-nya yang berjumlah sekitar 100 judul. Banyak dari game-game baru ini berbentuk fiksi interaktif yang diambil dari acara maupun film original Netflix.
Salah satu proyek yang paling ditunggu-tunggu tersebut adalah game multiplayer yang terinspirasi dari serial Squid Game, game ini rencananya bakal dirilis pada akhir tahun ini bahkan bisa saja lebih cepat lagi.

Meskipun Netflix telah melakukan investasi besar-besaran pada divisi game mereka, namun masih ada beberapa halangan yang harus mereka hadapi. Hingga saat ini, meskipun telah menawarkan berbagai judul menarik, Netflix masih berjuang untuk meningkatkan jumlah pengguna aktif hariannya di divisi game.
Pada tahun 2022, tercatat ada sekitar 1.7 juta pengguna aktif harian dan total unduhan game mencapai 23.3 juta kali. Angka ini masih relatif kecil jika dibandingkan dengan jumlah pelanggan layanan streaming mereka yang mencapai ratusan juta.
Guna mengatasinya Netflix perlu terus berinovasi dan menawarkan konten yang relevan dan menarik bagi konsumen. Selain itu, promosi dan pemasaran yang efektif juga bakal menjadi kunci utama untuk meningkatkan kesadaran serta minat terhadap layanan game mereka.