Pemain Makin Murka, SEGA Janji akan Perbaiki PSO2NGS Tahun Depan

Dengan konten yang terasa sangat sedikit, pemain pun mulai mengekspresikan rasa kekesalan mereka. Setelah beberapa bulan tidak ditanggapi, akhirnya SEGA menjanjikan sesuatu yang positif untuk PSO2NGS di tahun depan.
Satu hal yang menjadi sangat penting dalam sebuah game online adalah fondasi dari games as a service. Ini berarti suatu gim harus bisa menyajikan sebuah konten secara konsisten agar para pemain tidak cepat bosan.
Namun, apa yang terjadi jika sebuah game tidak memberikan konten yang cukup? Para pemain baru tentu akan merasa bosan dengan cepat, dan para penggemar akan merasa sangat kecewa atas sedikitnya gameplay yang disuguhkan.
Hal ini terjadi pada Phantasy Star Online 2 New Genesis atau yang disingkat sebagai PSO2NGS. Empat bulan semenjak game ini dirilis, game ini masih terasa seperti fase alpha test.
SEGA lupa bahwa konten gameplay tidak kalah penting dengan fashion.

Para pemain tentu tidak asing dengan kalimat “phashion is the end-game”. Ini tentu saja merupakan sebuah meme , namun ini tidak terbatas pada PSO2 saja. Faktanya, para pemain di MMO manapun cepat atau lambat akan terjun ke jurang kosmetik.
Sayangnya, inilah yang menjadi masalah pada PSO2NGS. Kosmetik atau fashion lebih dipentingkan ketimbang konten yang difokuskan pada gameplay. Setiap dua minggu sekali, SEGA akan merilis sebuah gacha kosmetik baru.
Konten yang berisikan quest, class dan beberapa peningkatan baru akan ditambahkan setiap dua atau tiga bulan sekali. Ini mengakibatkan sedikitnya konten yang bisa dinikmati para gamer. Ini berhasil membuat para penggemar beratnya kecewa.
NGS Headline tanggal 5 Oktober, sebuah redemption arc.

NGS Headline dihadirkan setiap bulannya untuk mengumumkan sebuah konten yang akan dihadirkan dalam waktu yang akan datang. Ini termasuk teaser untuk konten yang akan disajikan dalam beberapa bulan, dan juga campaign khusus yang tengah berjalan.
Namun, ada satu hal yang tidak diduga dalam stream pra-rekaman ini. Untuk pertamakalinya, SEGA menjawab keluhan dan amukan para pemain yang telah terjadi dalam beberapa bulan ini! SEGA akhirnya sadar bahwa para gamer mulai kesal.

Melalui rubrik yang dinamakan Operation Report, sang presenter Hiro Arai menjawab pertanyaan sekaligus keluhan para pemain! Salah satunya adalah keluhan “Sangat sedikit konten yang berhubungan dengan gameplay, tolong tambahkan konten secara konsisten seperti jaman PSO2 dulu!”
Hiro Arai lalu menjawab bahwa tim pengembang saat ini menyadari bahwa konten yang disajikan sangat sedikit. Team Sonic saat ini tengah merencanakan roadmap PSO2NGS untuk tahun depan yang akan menjanjikan konten yang lebih banyak dan konsisten.
Hiro Arai juga menanggapi beberapa isu lain, seperti Urgent Quest yang sangat jarang terjadi. Hal ini akan diperbaiki dan SEGA akan memutuskan kelanjutan dari perubahan ini setelah mereka mendapatkan feedback yang cukup.
Dengan ini, semoga saja di tahun 2022 PSO2NGS akan membawa lebih banyak konten yang diharapkan oleh para pemain lama.