Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

Pendapatan Clash Royale dari Pemain Mencapai 3 Miliar Dollar, WOW!

Pengembang Supercell telah mencapai tonggak sejarah lain dengan judul ponsel populernya Clash Royale, karena total pendapatan seumur hidup melampaui $ 3 miliar menurut Sensor Tower.

Berita itu datang hanya empat tahun setelah diluncurkan pada 2016. Meskipun pendapatan Clash Royale telah menurun baru-baru ini, masa depan masih terlihat cerah untuk game tersebut.

Kok bisa pendapatan Clash Royale sebanyak itu?

Jumlah itu mengesankan untuk sebuah mobile gaming dan harus membuat iri semua pengembang game seluler lain di dunia.

Namun angka ini tidak ada artinya dibandingkan dengan judul seluler Supercell lainnya, Clash of Clans, yang telah menghasilkan lebih dari $ 7 miliar pendapatan sejak diluncurkan pada 2014.

Kedua gelar telah diuntungkan dengan diperkenalkannya sistem battle pass seasonal, yang dikenal sebagai Pass Royale di dalam Clash Royale.

Pertama kali diperkenalkan pada Januari 2019, Pass Royale sekarang berada di musim ketigabelas.

Pass Royale menawarkan pemain beberapa manfaat dalam permainan dan kosmetik untuk Menara mereka, emotes, skin arena, kartu baru, dan banyak lagi.

Sensor Tower menyatakan bahwa sebagian besar pengeluaran pemain di Clash Royale terutama berasal dari Amerika Serikat. Dengan total $ 925,4 juta, setara dengan hampir 31% dari semua pendapatan. Jerman dan Cina berada di urutan kedua dan ketiga.

Angka-angka ini agak mengejutkan karena tidak berasal dari negara-negara Amerika Latin. Terutama karena memiliki basis pemain yang besar, apalgi yang berkaitan dengan kompetitif.

Meskipun game ini populer di seluruh dunia, mengejutkan melihat pengeluaran yang lebih rendah di wilayah ini.

Visi Ke Depan?

Supercell tidak diragukan lagi terkesan dengan kinerja permainannya, tetapi pertanyaannya sekarang adalah ke mana Clash Royale pergi dari sini.

Seperti yang disebutkan, permainan terus meramaikan esports, tetapi pengeluaran pemain telah menurun sejak 2017.

Dengan sistem battle pass sudah diterapkan, Supercell perlu mempertimbangkan sesuatu yang sangat berbeda jika bertujuan untuk menyegarkan kembali basis pemainnya.

Pada catatan ini, sangat mengejutkan melihat bahwa Supercell belum melakukan upaya besar untuk cross over antara Clash of Clans ke Clash Royale.

Activision baru-baru ini menciptakan sesuatu yang dianggap sebagai ekosistem mandiri yang sempurna dalam Call of Duty: Modern Warfare.

Dengan mengikatkan diri pada promosi kosmetik dan menggabungkan progres game gratis Call of Duty: Mobile dan Warzone. Pemain didorong dan dihargai untuk memainkan ketiga game untuk memaksimalkan hadiah mereka.

Bagaimanapun, tonggak ini adalah penghasilan tidak lain adalah mengesankan. Dan kami senang melihat masa depan game ini.

 

Share
Topics
Editorial Team
Leonanda Ferry
EditorLeonanda Ferry
Follow Us