Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

Perpres Game Nasional Dipercepat, Turut Didukung Nuon dan Kemendagri

Perpres Game Nasional dipercepat pada Rapat Koordinasi Implementasi Perpres 19/2024 di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, 7 Oktober 2024.

Sesi rapat yang turut diselenggarakan dengan kerja sama dengan Nuon ini menyoroti perkembangan industri game lokal serta inivasi baru di dalamnya.

Rapat ini dihadiri oleh para pejabat tinggi pemerintah, asosiasi, kepala daerah, dan pelaku industri game di Indonesia.

Perpres Game Nasional dipercepat

Dok. GGWP

Pada rapat tersebut, berbagai judul game Indonesia menjadi sorotan, mulai dari Lokapala, DreadHaunt, Masuk Pak Eko, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Nuon bersama Asosiasi Game Indonesia dan BRIN juga meluncurkan platform bernama Game Asset Nusantara (GANA).

Platform ini bertujuan untuk menyediakan wadah aset video game seperti objek 3D dan efek visual untuk mempercepat proses pengembangan video game lokal.

“Atas arahan Menko Marves, Percepatan Perpres 19/2024 ini kita luncurkan hari ini di Kemendagri,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

“Harapannya Indonesia bisa berperan aktif dan menjadi pemain global yang diperhitungkan, untuk menciptakan kesejahteraan menuju Indonesia Emas 2045,” lanjutnya.

Perpres game nasional ini juga turut didukung oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Menteri Tito Karnavian yang turut hadir dalam rapat tersebut.

Dok. GGWP

“Ini sesuatu yang menurut saya harta karun yang belum terjadi. Game ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kita belum menggali itu dengan maksimal,” ujarnya.

Menteri Tito juga menjabarkan game Indonesia memiliki berbagai keuntungan seperti menambah pendapatan daerah serta menjadi media sosialisasi.

CEO Nuon, Aris Sudewo, menyebutkan bahwa perusahaannya terus mendukung perkembangan game lokal, serta kolaborasi dengan pemerintah dan industri.

“Dengan menghadirkan para Menteri dan pejabat pemerintah yang langsung mencoba game seperti Paw Rumble dan DreadHaunt hasil publishing Nuon, diharapkan tidak hanya menampilkan kualitas produk game lokal tetapi juga memicu diskusi penting tentang peran pemerintah dalam mendukung industri pertumbuhan kreatif,” ujarnya.

“Kita tidak hanya berbicara tentang industri game sebagai sebuah kegiatan hiburan saja, tetapi soal mendorong peningkatan ekonomi kreatif yang dapat menjadi salah satu pilar utama pertumbuhan ekonomi nasional,” lanjut Aris.

Langkah ini diapresiasi oleh Menteri Sandiaga Uno, yang menunjukkan komitmennya untuk terus mendukung industri game Indonesia.

“Terima kasih untuk Nuon dan seluruh ekosistem Asosiasi Game Indonesia. Kami pemerintah memfasilitasi, tapi kalianlah dari dunia usaha yang nanti akan merealisasikan harapan dari Perpres 19/2024,” kata Sandiaga.

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
Mecca Medina
EditorMecca Medina
Follow Us