Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

Perubahan Di Naughty Dog Sejak Uncharted 2, Apa Saja Ya?

Naughty Dog merupakan salah satu pemain besar dalam dunia studio game. Mereka telah memberikan kita judul-judul yang tak terlupakan mulai dari Jak and Daxter hingga The Last of Us. Presiden Naughty Dog, Neil Druckmann, baru-baru ini duduk untuk wawancara dengan rapper Logic untuk membahas lintasan karier mereka dan rencana masa depan.

Wawancara ini berdurasi satu setengah jam yang layak ditonton jika kamu tertarik untuk mengetahui bagaimana Druckmann memulai karirnya di industri game dan naik peringkat di Naughty Dog. Ini juga memberikan wawasan tentang bagaimana hal-hal telah berubah di studio selama bertahun-tahun dan bagaimana ekspektasi telah meningkat pesat seiring dengan kesuksesan kritis yang mereka raih.

Melalui kerja keras, Druckmann berkembang dari menjadi seorang anak magang hingga akhirnya bekerja pada aspek kreatif game di Naughty Dog. Pada suatu saat, ia bergabung dengan tim yang bertanggung jawab atas game Jak and Daxter untuk PSP ketika presiden Naughty Dog, Evan Wells, memintanya untuk membantu game lain yang sedang mereka kerjakan, Uncharted.

Awalnya, Druckmann ragu, karena ia lebih suka berada dalam posisi kreatif dan tidak ingin kembali ke pemrograman. Namun, dia dijamin bahwa dia akan melakukan pekerjaan kreatif yang sama, hanya pada proyek baru ini. Menerima tawaran itu menjadi pilihan bijak bagi Druckmann, karena hal itu membuatnya bertemu dengan kreator lain seperti Amy Hennig yang memainkan peran kritis dalam membentuk Uncharted menjadi franchise yang mendefinisikan genre itu.

Uncharted dan sekuel-sekuelnya memiliki dampak luar biasa pada dunia game. Selain menjadi judul-judul yang mengesankan secara grafis, mereka menunjukkan bagaimana game dapat digunakan untuk menceritakan kisah yang didorong oleh karakter, menyaingi film dan novel.

Druckmann menyatakan bahwa ia paling bersenang-senang saat bekerja pada Uncharted 2. Tim merasa seperti mereka menemukan sesuatu yang istimewa, tetapi tidak ada tekanan atau pemeriksaan intens terhadap studio yang telah mengembangkan rasa persaudaraan yang mendalam.

Perubahan di Naughty Dog terjadi sejak Uncharted 2, sebuah judul yang telah terjual lebih dari 6,5 juta copy hingga tahun 2015. Game ini juga menampilkan mode multiplayer yang sekarang tidak didukung lagi yang disukai para pemain, dengan 125 juta pertandingan dimainkan dalam tahun pertama saja.

Sekarang, setelah Naughty Dog membuktikan dirinya dalam industri, ada harapan bahwa setiap karya yang dihasilkannya akan luar biasa. Logic merasakannya, karena dia telah mengalami tekanan menjadi seniman yang sukses, dan bagaimana kritik bisa melampaui seni dan menjadi personal.

Tanggung jawab besar yang diemban Druckmann membuatnya berpikir apakah dia bisa melanjutkan ini lebih lama. Dia menyatakan, “Saya tidak melihat diri saya melakukan ini selamanya pada skala ini. Ini banyak dan membutuhkan banyak dari Anda.” Dia juga harus mempertimbangkan anak-anaknya, karena dia tidak ingin kehilangan waktu bersama mereka.

Salah satu rintangan yang dihadapi adalah bahwa dia seorang perfeksionis. Oleh karena itu, selama pengembangan The Last of Us, dia terlalu menekankan dirinya sendiri hingga ia percaya telah menghabiskan bertahun-tahun hidupnya.

Dia mengakui bahwa mungkin dia tidak memiliki kapasitas untuk banyak game berukuran besar lagi, dan dia membayangkan dirinya beralih ke proyek-proyek yang lebih rendah dan kurang stres, tetapi tetap memberinya saluran kreatif. Ada banyak arah yang bisa diambil Druckmann, baik itu komik The Last of Us, serial televisi, atau game berukuran lebih kecil.

Akhir wawancara menampilkan pembahasan tentang serial televisi The Last of Us. Druckmann berbicara tentang betapa bahagianya dia bahwa adaptasi itu bukan film, karena itu akan menjadi buruk.

Dia belajar bahwa untuk membuat pertunjukan terbaik, dia membutuhkan orang-orang terbaik di industri, dan itu ternyata tidak sulit dilakukan, karena dia menemukan bahwa banyak yang sudah menjadi penggemar game dan ingin bekerja pada proyek tersebut.

Saat ini, The Last of Us tetap menjadi franchise yang terus berkembang. Musim baru dari pertunjukan sedang dalam pengembangan, dan meskipun game multiplayer mandiri telah dibatalkan, versi remaster dari The Last of Us Part 2 telah dirilis yang menampilkan mode roguelike yang tidak boleh dilewatkan.

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
Adam
EditorAdam
Follow Us