Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

Prediksi Dahsyat Soal Industri Game di Tahun 2027! Apa Itu?

Industri game memang kerap menghadirkan kejutan dan misteri di dalamnya. Setelah berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir, ini dia prediksi dahsyat soal industri game di tahun 2027, penasaran? Yuk, kita bahas!

Ketika popularitas Game Pass tumbuh, dan PlayStation tampaknya bersiap untuk mengungkapkan layanannya sendiri, dunia video game tampaknya semakin dekat ke tempat kita semua bermain melalui layanan berlangganan daripada membeli game satu per satu.

Ini merupakan prediksi industri game di masa depan! Lanskap di mana kita akan dihadapkan pada keputusan rumit yang sama seperti yang kita miliki saat ini dalam hal memilih layanan langganan video dan musik mana yang harus dibayar, dan mana yang dapat kita jalani tanpa berlangganan.

Menurut analis industri Pier Harding-Rolls, dia percaya bahwa layanan berlangganan hanya akan menyumbang 8,4% dari semua pengeluaran video game pada tahun 2027. Lebih dari dua kali lipat dari yang sekarang, tetapi masih merupakan bagian yang cukup sederhana dari semua hal yang dipertimbangkan.

Harding-Rolls menyoroti bahwa setiap kali orang menunjukkan pertumbuhan layanan berlangganan video game, mereka segera pergi ke Game Pass, dan tentunya ini bisa dimengerti. Namun, di luar penambahan EA Play lebih dari setahun yang lalu, ukuran perpustakaan Game Pass sebenarnya belum tumbuh sebanyak itu.

Sumber Gambar: The Gamer

Meskipun Xbox menambahkan game baru secara teratur, ini juga menghilangkan game lama, yang berarti jumlah total game yang tersedia untuk pelanggan kurang lebih tetap sama.

Nilai jual Game Pass bukanlah jumlah game yang tersedia, melainkan judul baru yang ditambahkan pada hari pertama. Perbedaan terbesar yang disoroti oleh Harding-Rolls ketika menjelaskan mengapa game tidak mengikuti jejak streaming video adalah bagaimana para gamer menghabiskannya. 79% dari semua pengeluaran video game pada tahun 2021 adalah melalui transaksi dalam game, setelah judul dibeli, atau diunduh jika gratis untuk dimainkan.

Layanan berlangganan video game akan terus tumbuh dalam popularitas. Basis pemain Game Pass telah melampaui 25 juta orang dan jelas belum mencapai puncaknya. Dengan Proyek Spartacus PlayStation, 2022 kemungkinan akan menjadi langkah maju terbesar untuk sudut industri game ini.

Namun, hari-hari membeli game satu per satu masih jauh dari selesai dan pertumbuhan layanan berlangganan juga akan terus tumbuh.

Sumber: The Gamer

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
iqbal nuril
Editoriqbal nuril
Follow Us