Sebuah game online sewaktu-waktu akan redup, begitulah nasib untuk games as a service. Alih-alih ingin meneruskan sebuah game niche, sebuah private server untuk MMORPG Shin Megami Tensei secara tiba-tiba dituntut oleh Atlus!
Seberapa sering kalian menggunakan sebuah emulator untuk memainkan game lama yang sulit diakses di era modern ini? Banyak, bukan? Dari NES menuju PS2, preservasi merupakan langkah komunitas untuk terus menjaga agar game tersebut dapat diakses.
Terkadang, preservasi akan dianggap negatif oleh para publisher game. Ini terjadi karena sesuatu yang dinamakan sebagai pembajakan. Sayangnya, publisher yang bertindak terkadang tidak memberikan solusi agar para gamer tetap bisa memainkan game tersebut.
Dan tidak hanya game offline saja, game online pun juga bisa menjadi target! Dan kasus yang cukup ekstrim belum lama ini terjadi pada sebuah proyek private server buatan para penggemar yang begitu berdedikasi.