Tentunya, sebuah game yang disebut sebagai metroidvania akan memiliki sistem combat, bukan? Jawabannya jelas ada! Sayangnya, eksekusinya terasa biasa saja, bahkan tantangannya pun sebatas dari salah tekan tombol saja!
Sistem combat dalam Kong Survivor Instinct sangatlah simpel, kalian memiliki dua jenis serangan; melee menggunakan pipa besi dan ranged menggunakan pistol. Keduanya akan mengeksekusi serangan yang sangat basic.
Lalu, ada parry atau block serta dodge, keduanya sangat penting untuk menghindari kematian. Well, dari sistem yang ditawarkan ini, kalian hanya perlu menggunakan parry lalu counter dengan serangan melee. Game akan menampilkan indikasi yang bisa kalian tekan dengan tepat waktu untuk mendapatkan parry.
Dengan progress yang semakin jauh, kalian akan bertemu dua lawan yang harus kalian hadapi secara langsung, umumnya adalah kombinasi melee di barisan depan dan ranged di barisan belakang.
Untuk menghindari tembakan pistol, kalian akan menggunakan dodge. Namun, jujur saja, kalian akan jarang menggunakan dodge. Tembakan barisan belakang seringkali akan mengenai kawannya sendiri, memberikan damage friendly fire.
Isu terbesar penulis datang dari keybind yang terasa aneh. Game yang penulis mainkan umumnya menggunakan R1 atau R2 untuk block, namun Kong menggunakan Lingkaran sebagai block dan parry. Hal ini menciptakan banyak kematian konyol yang terjadi karena salah tekan.