Momentum IGDX 2025 juga ditandai dengan peluncuran resmi Indonesia Game Rating System (IGRS), yakni sebuah kebijakan klasifikasi nasional yang merefleksikan budaya, norma, dan tradisi Indonesia untuk produk game berdasarkan muatan konten dan kelompok usia — 3+, 7+, 13+, 15+, dan 18+.
Dengan sistem ini, penerbit dapat mengajukan klasifikasi untuk memperoleh label rating resmi IGRS bagi game-nya.
Lebih dari sekadar kebijakan, IGRS hadir sebagai wujud komitmen kolektif untuk melindungi ruang digital Indonesia dan menjaga keselamatan generasi muda, sekaligus menjadi instrumen strategis bagi pengembangan industri game lokal.
Dengan memberikan kepastian regulasi, pedoman konten yang jelas, dan label rating yang meningkatkan kepercayaan konsumen, IGRS membuka peluang bagi pengembang dan penerbit Indonesia untuk berinovasi secara bertanggung jawab, memperkuat daya saing game lokal, serta menjangkau dan mempermudah kerja sama dengan platform global serta produk game asing untuk mengimplementasi rating IGRS.
Kehadiran IGRS bukan hanya melindungi pengguna dan masyarakat di ruang digital, tetapi juga menumbuhkan ekosistem yang sehat, aman, dan kondusif bagi kreativitas serta pertumbuhan industri game nasional.
Rangkaian IGDX Business & Conference 2025 meliputi B2B Matchmaking, Diskusi Panel, Keynote Speech, Booth Indie Showcase yang mendapatkan dukungan dari Kementerian Perdagangan RI, Booth Partner seperti Garena, Toge Productions, GV Pay-QRIS, Tencent, MRG Bukalapak, Institut Français Indonésie, The Polish Investment and Trade Agency (PAIH), Moscow Government (Agency of Creative), Injourney, Gameseed, dan IGRS serta Side Event bersama mitra internasional seperti Google Play, Roblox, Xsolla, Byteplus, Tencent, dan PlayStation, serta penghargaan Indonesia Game Awards.
Tak hanya itu, Kemkomdigi juga memperkuat komitmen melalui Garuda Spark Innovation Hub, wadah kolaborasi inovasi dari Sabang hingga Merauke untuk menyatukan pemerintah, industri game, startup, universitas, hingga komunitas.
Sebagai tindak lanjut, tahun depan IGDX akan kembali hadir dengan format lengkap: Bootcamp, Academy, Career, Business, dan Conference, yang dirancang untuk mendampingi talenta muda, memperkuat studio lokal, memperluas jejaring bisnis, dan memperkokoh posisi Indonesia di ekosistem game global.