Martin Hultberg bertanggung jawab terhadap narasi dalam game Exoborne. (Dok. GGWP)
Setelah mencoba game Exoborne, GGWP berkesempatan mewawancarai Martin Hultberg, narrative director Exoborne serta CMCO & IP Sharkmob seputar game extraction shooter ini. Berikut adalah kutipan wawancaranya.
Menurut kalian, apakah Exoborne adalah game extraction shooter bergaya kasual atau hardcore?
Menurut kami, Exoborne ada di tengah-tengah. Game ini ada di ambang hardcore dan kasual, tapi ada alasan kenapa kami lebih condong ke arah kasual. Dari sisi pergerakan dan tembak-tembakan, game ini lebih terlihat seperti game action shooter daripada tactical hardcore military shooter yang diadopsi banyak game extraction shooter.
Meski demikian, kami juga punya beberapa sistem gameplay hardcore. Misalnya ada vertical combat yang membutuhkan kemampuan menembak yang tinggi. Jadi kami bisa menarik perhatian gamer hardcore dan kasual. Tantangannya adalah melihat apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk menangkap mereka, dan tidak menjadi sesuatu yang tidak diinginkan siapapun. Kita harus bisa relevan dengan audiens dengan cara yang masuk akal.
Exoborne bisa dimainkan secara solo atau multiplayer. Bisakah kita memainkan Exoborne secara singleplayer dengan bot?
Untuk saat ini kamu bisa bermain solo, tim dua orang, atau tiga orang. Tapi kamu akan selalu ada di dunia yang sama dengan pemain lain dan NPC lain. Karena itu tidak ada mode solo melawan bot. Semuanya berjalan secara online.
Memanfaatkan cuaca jadi kunci bertahan hidup di Exoborne. (Dok. GGWP)
Fitur utama Exoborne adalah cuaca dinamis yang berbahaya. Bagaimana kita bisa memanfaatkan cuaca ini untuk keuntungan kita?
Ada banyak contohnya. Misalnya, kamu bisa menggunakan tornado dengan tepat. Jika kamu masuk terlalu dalam ke tornado, kamu akan terbawa angin seperti di dalam mesin cuci. Tapi jika kamu berada di tepiannya, kamu bisa menggunakan glider untuk terbang tinggi, lalu keluar dari tornado di waktu yang tepat untuk melakukan rotasi. Kamu juga bisa terbang tinggi, lalu terjun ke arah musuh sebagai pilihan strategi ofensif.
Contoh lainnya adalah petir. Jika kamu punya Exo-Rig dengan mod tertentu, kamu bisa mengisi ulang energinya dengan petir. Jadi jika kamu tersambar petir, kamu akan mendapatkan keuntungan, sementara gamer lain mungkin akan terluka. Mungkin saat kamu dikejar musuh dan kamu lari ke arah hujan badai, maka kamu akan mendapatkan keunggulan karena situasi kamu tak akan seburuk mereka.
Apa kalian punya pesan-pesan untuk gamer yang menantikan perilisan Exoborne?
Jika kalian tertarik dengan Exoborne, kami ingin sekali mendengar pendapat kalian. Jadi, silakan bergabung dengan komunitas kami di Discord atau Steam, dan bagikan apapun yang ingin kalian lihat di dalam game. Kami ingin membuat game yang seru dan bisa dinikmati semua orang.