Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

Industri Virtual YouTuber Menembus Rekor 500 Juta Jam Ditonton

perkembangan-vtuber-q1-2025-featured.jpg
Industri virtual YouTuber mengalami peningkatan signifikan di kuartal pertama 2025. (hololive.wiki)
Intinya sih...
  • Jumlah jam ditonton vtuber naik 7% di Q1 2025, meskipun jumlah vtuber aktif berkurang menjadi 5,9 ribu.
  • Pekora dan Miko menjadi vtuber paling banyak ditonton, namun vtuber bahasa Inggris seperti Ironmouse juga populer.
  • Fokus perkembangan industri vtuber pada kualitas konten dan pertumbuhan subscriber baru di Q1 2025.

Industri virtual YouTuber mengalami peningkatan signifikan di kuartal pertama tahun 2025 ini, menurut laporan yang dirilis oleh Streams Charts.

Setelah mengalami pelambatan di kuartal 3 tahun 2024, antusiasme terhadap vtuber perlahan mulai meningkat, dan saat ini telah menembus angka lebih dari 500 juta jam ditonton pada Q1 2025.

"Bangkitnya pasar vtuber di awal tahun 2025 ini menunjukkan ketahanan industi ini, serta basis audiens yang lebih matang," ujar Nazar Babenko, Product Manager Streams Charts kepada GGWP.

Simak laporan lengkapnya di bawah ini!


1. Jumlah jam ditonton meningkat meskipun jumlah vtuber berkurang

perkembangan-vtuber-q1-2025-1.jpg
Jumlah jam ditonton untuk genre vtuber di platform streaming meningkat 7% dibanding kuartal sebelumnya. (Streams Charts)

Seperti yang bisa dilihat pada grafik di atas, jumlah jam ditonton untuk vtuber pada Q1 2025 meningkat 7% dari Q4 2024, dari 488 juta menuju 522 juta.

Menariknya, jumlah vtuber aktif yang dicatat oleh Streams Charts dari platform seperti YouTube, Twitch, KICK, dan lainnya, berkurang dari 6 ribu menjadi 5,9 ribu di Q1 2025.

"Melampaui 500 juta jam ditonton di satu kuartal, bahkan dengan jumlah kreator aktif yang berkurang, menunjukkan pergeseran terhadap konsentrasi dan loyalitas tinggi terhadap kreator yang sudah ada," papar Babenko.

"Hal ini sangat impresif, mengingat berkurangnya jumlah kreator akibat kompetisi yang semakin berat dan saturasi di pasar vtuber yang menyisihkan kreator yang tidak dapat mengumpulkan audiens," lanjutnya.

2. Duo Pekomiko jadi vtuber yang paling banyak ditonton

perkembangan-vtuber-q1-2025-2.jpg
Pekora dan Miko dari hololive menjadi vtuber yang paling banyak ditonton di Q1 2025. (Streams Charts)

Babenko menambahkan, pada kuartal ini dominasi dari agensi vtuber besar seperti hololive dan NIJISANJI tetap menjadi standar yang akan dikejar oleh vtuber dan agensi lainnya.

Usada Pekora dan Sakura Miko dari hololive, dan Kuzuha dari NIJISANJI menguasai 3 besar vtuber terpopuler berdasarkan jam ditonton, dimana mereka berhasil menembus angka 10 juta jam.

Meski demikian, Ironmouse dari VShojo dan Koseki Bijou dari hololive ENglish juga membuktikan bahwa vtuber berbahasa Inggris tidak kalah menarik di mata fans, dengan raihan 5,3 juta jam dan 4,7 juta jam ditonton.

Tak kalah impresif, vtuber debutan seperti Kikirara Vivi dari grup FLOW GLOW, yang meraih 4,9 juta jam ditonton membuktikan vtuber baru bisa menarik perhatian dengan konten segar dan menarik.

3. Perkembangan vtuber kini fokus pada kualitas konten

perkembangan-vtuber-q1-2025-3.jpg
Vtuber dari berbagai negara mengalami peningkatan subscriber. (Streams Charts)

Beralih ke channel dengan perkembangan terbesar di Q1 2025, posisi 1 diduduki Houshou Marine dari hololive dengan tambahan 190 ribu subscriber baru.

Di belakangnya, vtuber indie Amerika Serikat Chibidoki mengekor tipis dengan 189 ribu subscriber baru. Tak kalah impresif, Whale Taylor dari Infinity Goal Music Production juga mendapatkan 188 ribu subscriber baru.

"Industri vtuber saat ini memasuki masa konsolidasi, dimana perkembangan berkelanjutan bergantung kepada kualitas konten, engagement, dan presensi cross-platform alih-alih kualtitas/volume kreator," tambah Babenko.

"Sebagai pengamat lama, saya melihat perkembangan ini sebagai evolusi yang akan mewujudkan industri hiburan virtual yang lebih sustain dan kreatif," tutupnya.

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
Mecca Medina
EditorMecca Medina
Follow Us