Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

Tidak Hanya di Indonesia, TikTok Ternyata Berpengaruh juga di Inggris

Dalam berita yang mungkin mengkhawatirkan setiap generasi selain gen Z, tampaknya orang dewasa di Inggris semakin mempelajari berita mereka dari aplikasi media sosial berbagi video pendek TikTok. Sebuah laporan baru dari regulator Inggris Ofcom telah mengungkapkan bahwa TikTok adalah sumber berita yang tumbuh paling cepat di antara orang dewasa Inggris

Itu artinya, TikTok ternyata berpengaruh juga di Inggris. Pada tahun 2020 aplikasi ini digunakan oleh satu persen orang dewasa Inggris sebagai sumber berita, tetapi ini telah berkembang menjadi tujuh persen hanya dalam dua tahun. TikTok telah menembus kesadaran orang-orang, dan menjadi bagian dari budaya populer, di seluruh dunia karena aplikasi ini dengan cepat memperoleh pangsa pasar.

Namun, TikTok masih menjadi sumber berita paling populer keenam bagi mereka yang berusia 16 hingga 24 tahun, di belakang situs web/aplikasi BBC, Twitter, acara berita BBC One, Facebook, dan Instagram, dengan yang terakhir digunakan oleh 46 persen dari demografi ini sebagai sumber berita.

Tetapi di antara demografis yang lebih muda berusia 12 hingga 15 tahun, penekanan pada media sosial untuk penemuan berita bahkan lebih besar. Instagram tetap menjadi yang teratas (29 persen), sementara YouTube dan TikTok berada tepat di belakang (keduanya 28 persen). Namun laporan Ofcom menemukan bahwa berbicara dengan keluarga (65 persen) dan menonton TV (59 persen) masih jauh lebih penting untuk penemuan berita bagi para remaja ini.

“Remaja saat ini semakin tidak mungkin untuk membaca surat kabar atau mendengarkan berita TV, alih-alih lebih memilih untuk tetap up-to-date dengan menelusuri feed sosial mereka,” direktur kelompok strategi dan penelitian Ofcom Yih-Choung Teh mengatakan dalam sebuah pernyataan pers.

“Dan sementara anak-anak muda menemukan berita di media sosial kurang dapat diandalkan, mereka menilai layanan ini lebih tinggi untuk menyajikan berbagai pendapat tentang berita topikal hari itu”.

Sumber Gambar: The Gamer

TikTok diluncurkan pada 2016 oleh perusahaan teknologi yang berbasis di Beijing, ByteDance. Ini adalah variasi dari aplikasi Douyin buatan perusahaan Cina. TikTok dirilis di sebagian besar pasar internasional pada 2017 di iOS dan Android, tetapi baru tersedia di seluruh dunia pada Agustus 2018. Sejak saat itu, TikTok telah menjadi salah satu aplikasi paling populer, terutama di kalangan gen Z.

Gimana? TikTok ternyata berpengaruh sekali ini gengs!

Sumber: The Gamer

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
Jefri Sibarani
EditorJefri Sibarani
Follow Us