Tidak Hanya di Indonesia, TikTok Ternyata Berpengaruh juga di Inggris

Dalam berita yang mungkin mengkhawatirkan setiap generasi selain gen Z, tampaknya orang dewasa di Inggris semakin mempelajari berita mereka dari aplikasi media sosial berbagi video pendek TikTok. Sebuah laporan baru dari regulator Inggris Ofcom telah mengungkapkan bahwa TikTok adalah sumber berita yang tumbuh paling cepat di antara orang dewasa Inggris
Itu artinya, TikTok ternyata berpengaruh juga di Inggris. Pada tahun 2020 aplikasi ini digunakan oleh satu persen orang dewasa Inggris sebagai sumber berita, tetapi ini telah berkembang menjadi tujuh persen hanya dalam dua tahun. TikTok telah menembus kesadaran orang-orang, dan menjadi bagian dari budaya populer, di seluruh dunia karena aplikasi ini dengan cepat memperoleh pangsa pasar.
Namun, TikTok masih menjadi sumber berita paling populer keenam bagi mereka yang berusia 16 hingga 24 tahun, di belakang situs web/aplikasi BBC, Twitter, acara berita BBC One, Facebook, dan Instagram, dengan yang terakhir digunakan oleh 46 persen dari demografi ini sebagai sumber berita.
Tetapi di antara demografis yang lebih muda berusia 12 hingga 15 tahun, penekanan pada media sosial untuk penemuan berita bahkan lebih besar. Instagram tetap menjadi yang teratas (29 persen), sementara YouTube dan TikTok berada tepat di belakang (keduanya 28 persen). Namun laporan Ofcom menemukan bahwa berbicara dengan keluarga (65 persen) dan menonton TV (59 persen) masih jauh lebih penting untuk penemuan berita bagi para remaja ini.