Kilas Balik Kesuksesan Game Indonesia di 2024 Bersama Agate

Di IGDX 2024, Agate melihat kembali kesuksesan game Indonesia di tahun 2024 melalui portfolio game mereka.
Shieny Aprilia, Co-Founder dan CEO Agate, menjadi salah satu pembicara dalam panel IGDX 2024 bertajuk “Looking Back – Stories from the Biggest Successes from Indonesia.”
Dalam panel tersebut, Shieny hadir bersama dengan Andika Pradana (MassHive Media) dan Eldwin Viriya (Own Games) untuk membicarakan kemajuan game Indonesia.
Sebagai salah satu developer dan publisher game besar di Indonesia, Agate tentu punya beberapa catatan sukses soal rilisan game mereka sepanjang 2024.
Kesuksesan game Agate di Indonesia tahun 2024

Shieny menjelaskan bahwa tahun ini Agate memanfaatkan sarana fundraising untuk mendukung bisnis B2B, development game baru, serta bisnis publishing game.
Hal ini juga turut dibantu oleh dukungan pemerintah lewat Perpres 19/2024 tentang percepatan industri game nasional.
“Ekspansi strategis ini tentunya memerlukan investasi yang lebih besar untuk mendukung secara efektif baik operasi kami yang ada maupun inisiatif strategis baru seiring dengan upaya kami dalam mengonsolidasikan industri gim di Indonesia,” kata Shieny.
Di tahun 2024 ini, Agate sukses merilis DreadHaunt yang dikembangkan bersama Digital Happiness. DreadHaunt akan segera menyambangi Xbox pada 17 Oktober 2024.

Agate juga tengah fokus mengembangkan beberapa judul game seperti Akarmaut: Rootmare dan Blades of Mirage, serta Riftstorm bersama Conviction Labs.
Mereka juga tengah mengembangkan sebuah game berjudul Nightmare Battler Zozo bersama developer asal Arab Saudi, Red Dunes.
Di sisi lain, Agate juga ikut terlibat dalam transfer pengetahuan dengan developer lain lewat sharing session dan juga support untuk pelatihan para developer.
“Kami yakin, dengan fondasi yang kuat dan dukungan dari para investor, Agate dapat menjadi katalis utama dalam pengembangan industri gim Indonesia dan memperluas pengaruhnya di seluruh dunia,” ujar Shieny.