Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

BGP 2021 Online Development Class, Ini Tips Untuk Pemula yang Ingin Jadi Game Developer

Baparekraf Game Prime (BGP) 2021 Online Development Class sudah dimulai hari ini, Jumat (6/8/2021). Di sesi kedua yang berlangsung pada pukul 15:00-16:50 WIB, kelas online ini mengangkat tema “Membuat game dengan Construct 3 untuk Pemula – Platformer Online”.

Tema ini dibahas oleh seorang pembicara yaitu Daniel William, selaku founder Arcadesindo. Developer game lokal ini sudah merilis beberapa game salah satunya “BeaconCream’s Worms Empire Tycoon Halloween!” di Play Store.

Dipandu oleh moderator Fikry Abdullah Aziz selaku Konten Developer GameLan, Daniel membahas cara menggunakan Construct 3 untuk para pemula yang ingin belajar dan meningkatkan kemampuan game developing.

Apa Itu Construct 3?

Construct 3 adalah game engine gratis namun memiliki limitasi. Game engine ini dinilai mampu membuat game dalam waktu cepat. Construct 3 bisa digunakan untuk membuat game yang dirilis di web atau membuat prototype.

“Saking gampangnya setengah jam jadi game, jadi enggak lama. Di construct semuanya udah ada,” ujar Fikry Abdullah Aziz di tayangan YouTube Asosiasi Game Indonesia.

Daniel juga menjelaskan bahwa game engine ini memang cepat, namun di sisi lain, ada kekurangannya seperti ketika merancang game besar yang memiliki banyak fitur. Pasalnya, Construct 3 memiliki keterbatasan visual scripting.

“Di Construct 3 pada saat ini masih cukup memerlukan bantuan dari third party add ons,” ujar Daniel.

Tips untuk Pemula yang Belajar Jadi Game Developer

Nah, untuk para pemula yang ingin terjun ke dunia Game Development, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan. Menurut Fikry, pemula sebaiknya fokus menggunakan satu game engine hingga menghasilkan game.

“Ketika baru mulai, dari (game) yang kecil dulu baru ditambah ke level selanjutnya, bertahap aja, lebih baik sedikit sedikit daripada langsung besar tapi enggak selesai-selesai,” ujar Fikry.

Menurutnya, dengan memulai dari game sederhana, pemula bisa lebih cepat belajar. Ia juga menyarankan untuk fokus menyelesaikan game, daripada merancang ide yang terlalu besar jika masih baru memulai.

“Lebih baik gagal cepat daripada ide besar tapi nggak selesai, nanti kita enggak belajar. Yang penting selesai, jangan sampai ide doang, prototype doang, tapi (game) enggak dirilis,” ujarnya.

Menambahkan, Daniel mengajak pemula untuk mulai belajar dari sekarang terutama dalam pembuatan game mobile android yang sedang banyak digandrungi.

“Kita bisa banyak belajar dari sekarang terutama untuk mobile android sedang banyak sekarang, tutorialnya juga banyak,” tambah Daniel.

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
rien
Editorrien
Follow Us