Menurut Jonathan Rogers, Game Director di Grinding Gear Games, penundaan ini tidak berkaitan dengan masalah teknis pada gameplay atau mekanik permainannya itu sendiri. Justru, alasan utama pengunduran tersebut adalah untuk menyempurnakan sistem integrasi layanan infrastruktur yang mencakup sistem akun dan backend.
Upaya ini dilakukan agar kedua game, yakni Path of Exile pertama dan sekuelnya, dapat terintegrasi dengan baik, terutama guna mempermudah pemain dalam menyinkronkan akun mereka di antara kedua judul tersebut.
Grinding Gear Games tidak ingin mengorbankan kualitas permainannya demi rilis yang terburu-buru. Penundaan ini bertujuan untuk memastikan integrasi sistem yang stabil dan menjamin kenyamanan player saat mengakses gamenya.
Tim pengembang menyadari pentingnya menjaga kualitas dan menghindari potensi kesalahan teknis yang bisa saja terjadi pada hari peluncuran. Integrasi ini juga penting untuk mempersiapkan port console yang akan mendukung Path of Exile 2, sehingga pemain dapat menikmati gamenya di berbagai platform tanpa kendala.