Wawancara Eksklusif Bersama Developer Honkai: Star Rail

HoYoverse resmi membuka sesi closed beta untuk game Honkai: Star Rail. Buat kamu yang sudah mendapatkan akses ke game-nya, kamu harus baca wawancara eksklusif GGWP.ID bersama tim developer Honkai: Star Rail sebelum memainkannya.
Di Honkai: Star Rail, HoYoverse mulai merambah genre tactical RPG yang tak kalah menantang dengan game real-time action mereka yang lain. Ciri khas dari game-game Honkai sebelumnya kembali muncu, dan tidak hanya berasal dari karakter ikoniknya saja.
Apa saja yang akan kita temukan di dalam closed beta Honkai: Star Rail kali ini? Apa saja peningkatan yang akan muncul ke depannya? Simak wawancara GGWP.ID bersama tim developer HoYoverse soal game terbaru mereka ini.
Wawancara eksklusif GGWP.ID bersama developer Honkai: Star Rail

Apa inspirasi di balik judul Star Rail serta tema kereta luar angkasa?
“Berjalan Menuju Lautan Bintang” adalah tema karya sci-fi yang tidak akan pernah hilang. Tema ini juga menginspirasi tema dan latar belakang cerita game ini.
Di dalam Honkai: Star Rail, pemain dapat merasakan cerita sci-fi luar angkasa tentang petualangan galaksi dan bepergian ke planet lain. Pemain dapat bepergian ke dunia yang berbeda dengan menaiki Astral Express di Star Rail, bertemu dengan teman yang menarik, bekerja sama untuk menyelesaikan sekumpulan masalah di sekitar Stellaron dan memulai petualangan baru menuju ke kedalaman galaksi.
Apa yang membuat game ini berbeda dengan game Honkai sebelumnya?
Pertama-tama, walaupun Honkai: Star Rail tetap menggunakan nama Honkai, alur ceritanya sama sekali berbeda. Dengan begini, terdapat titik awal bagi pemain baru sehingga pemain yang belum pernah memainkan game seri Honkai dapat mempelajarinya dengan mudah.
Dilihat dari gameplay-nya, Honkai: Star Rail adalah penjelajahan pertama kami dalam game turn-based, yang berbeda dengan Honkai Impact 3 — game petualangan aksi kami yang sebelumnya.
Percobaan ini didasarkan untuk membuat lebih banyak jenis produk dan memperbanyak pengalaman dan pilihan pemain, sehingga ada lebih banyak pemain yang tertarik untuk bermain game HoYoverse.
Di sisi lain, tim pengembang merasa antusias terhadap pembuatan game turn-based. Sebagai salah satu jenis game yang paling klasik, game turn-based memiliki daya tarik yang tidak akan pernah hilang. Gamenya mudah dimainkan, santai bagi pemain, tetapi juga memberikan tempat penjelajahan bagi pemain yang berpengalaman.
Tentu saja baik gameplay jenis aksi ataupun turn-based, semuanya hanyalah cara yang efektif untuk membuat gaya game dan mendalaminya. Kami berharap game turn-based dapat berintegrasi dengan baik dalam lore dan cerita dari Honkai: Star Rail serta memberikan pemain pengalaman bermain yang baru.
Apakah Star Rail memiliki hubungan dengan game Honkai sebelumnya dari sisi cerita atau hal lainnya?
Game kali ini tidak hanya memiliki keunikan yang sama dengan Honkai, beberapa karakter dari seri Honkai bahkan akan muncul di game kali ini, yang memberikan kejutan kepada pemain lama seri ini.
Misalnya, di dalam tes beta kali ini, Himeko dan Seele akan muncul dengan identitas baru. Kami tidak akan membocorkan lebih banyak isi alur cerita di sini. Silakan para pemain mencobanya setelah game ini dirilis.
Apa filosofi utama yang menggambarkan sebuah game Honkai? Dalam kata lain, apa nilai atau konsep yang ingin kalian tampilkan di semua game Honkai?
Honkai: Star Rail merupakan sekuel dari konten seri Honkai, yang menjelaskan hubungan antara manusia dengan dunia. Penjelasan singkatnya adalah pertikaian yang melibatkan antara manusia, seluruh alam semesta, negara, organisasi dan wilayah.
Penjelasan luasnya adalah bagaimana orang mengenal diri mereka sendiri, bagaimana mengenal orang lain, bagaimana melawan penarikan dunia astral dan bagaimana cara berintegrasi ke dunia manusia dan mempertahankan kebebasan diri.

Honkai: Star Rail memungkinkan gamer memilih jenis kelamin karakter utama mereka. Karakter mana yang canon di dalam cerita?
Honkai: Star Rail mengizinkan karakter utama memilih jenis kelaminnya. Karena tidak ada karakter utama yang ditentukan secara resmi, pemain dapat memilih karakter yang mereka suka.
Seperti apa hubungan antara karakter utama dengan karakter lainnya?
Karena karakter utama memiliki Stellaron, ia pun naik ke Astral Express. Penumpang di Astral Express adalah sekelompok teman yang mengaku dirinya mewarisi kehendak Trailblaze. Mereka akan menjadi asisten dan teman yang paling dibutuhkan karakter utama selama perjalanannya.
Rahasia karakter utama dan Stellaron adalah alur cerita penting di dalam cerita utama. Di saat yang bersamaan, teman karakter utama juga memiliki cerita latar belakang yang berbeda-beda.
Misalnya March 7th, misteri kehidupannya akan terungkap seiring dengan berkembangnya alur cerita. Setiap petualangan akan diikuti dengan misteri. Kami berharap petualangan ini dapat dijelajahi oleh pemain.
Apakah ada makna khusus di balik nama March 7th?
March 7th adalah karakter penting yang pemain dapat temui di awal permainan. Dia adalah teman yang menarik, manis dan dapat diandalkan. Misteri kehidupannya akan terungkap seiring dengan berkembangnya alur cerita. Kami tidak memberikan bocoran di sini dan kami berharap pemain dapat mencari tahunya sendiri di dalam game.
Apakah nama March 7th akan dilokalisasikan berdasarkan bahasa game yang dipilih? (Misalnya Sangatsu Nanoka dalam bahasa Jepang, atau Tujuh Maret dalam bahasa Indonesia).
Nama March 7th akan ditentukan berdasarkan bahasa lokal yang dipakai.
Misalnya, Bahasa Jepangnya adalah “三月なのか”, Bahasa Spanyolnya adalah “Siete de Marzo”, Bahasa Koreanya adalah “Mar. 7th”, dan Bahasa Rusianya adalah “Март 7”, sedangkan bahasa lainnya merasa menggunakan Bahasa Inggris akan lebih cocok. Jadi, bahasa lainnya menggunakan March 7th seperti nama Inggrisnya.
Sebenarnya apa itu Stellaron?
Stellaron adalah salah satu elemen penting yang muncul di cerita utama di game ini. Karakter utama di game ini secara tidak sengaja memiliki Stellaron. Rahasia antara Stellaron dan hubungannya dengan karakter utama akan terungkap seiring dengan berkembangnya alur cerita.

Bagaimana kalian membedakan Honkai: Star Rail dengan game tactical RPG lain yang sejenis?
Gameplay turn-based adalah jenis game yang selalu ingin kami coba. Sebagai salah satu jenis game yang paling klasik, dengan kelebihan mudah dimainkan, memberikan gameplay dan cara berpikir yang banyak dan bebas, menjadikan game ini selalu ada di hati kelompok pemain dunia.
Game turn-based sangat mudah digunakan bagi pemain kasual dan tingkat kesulitan pengoperasian awalnya cukup rendah. Namun, bagi pemain yang berpengalaman, game ini juga memberikan ruang untuk menjelajahi lebih dalam dan dapat membuat para pemain membentuk gameplay sesuai ritme dan kepribadian mereka.
Kami berharap dapat mempertahankan inti gameplay turn-based semaksimal mungkin di dalam Honkai: Star Rail. Di saat yang bersamaan, kami juga menambahkan sejumlah elemen yang dapat menampilkan daya tarik dari gameplay turn-based yang berbeda.
Apakah gameplay Honkai: Star Rail lebih condong ke aksi real-time atau turn-based?
Inti Honkai: Star Rail adalah gameplay turn-based. Namun di saat yang bersamaan, untuk membuat pemain dapat mendalami game lebih jauh dan membangkitkan antusiasme pemain. Kami juga menambahkan aksi, peta eksplorasi dan memecahkan teka-teki ke dalam game. Kami berusaha keras untuk membawa pemain terhanyut ke dalam pengalaman bermain yang baru.
Dalam mode eksplorasi, puzzle dan tantangan apa saja yang akan gamer hadapi?
Memecahkan teka-teki dan tantangan di dalam eksplorasi Honkai: Star Rail juga merupakan elemen penting di game kami. Kami berusaha sebisa mungkin untuk membuat banyak eksplorasi maze dan gameplay memecahkan teka-teki.
Dengan begini, pemain dapat meningkatkan pengontrolan dan kesenangan dalam eksplorasi melalui serangkaian aksi, seperti perencanaan rute aksi, bertemu dengan musuh, menghindari jangkauan pandangan musuh, mencari waktu yang tepat untuk melakukan serangan terlebih dahulu.
Di dalam closed beta, pemain dapat melihat bahwa setiap karakter memiliki Technique yang berbeda. Technique yang berbeda dapat menghasilkan efek eksplorasi atau pertempuran yang berbeda juga.
Oleh karena itu, pemain juga harus mengganti karakter yang dapat dikontrol dengan tepat waktu untuk memaksimalkan keuntungan yang didapat. Hal ini memungkinkan pemain dengan bebas memilih strategi di dalam pertempuran setiap sebelum pertempuran dimulai.
Gameplay roguelike ke depannya juga akan menjadi salah satu pengkajian utama kami, tetapi kami tidak ingin membuatnya hanya menjadi stage tantangan saja. Ke depannya kami akan mencoba memasukkan gameplay ini ke dalam game pemain.
Apakah akan ada fitur seperti auto-battle untuk membantu farming atau untuk gamer yang tidak bisa bermain game secara aktif?
Di dalam Honkai: Star Rail terdapat mode auto-battle, sehingga pemain dapat memilih untuk menyalakan atau mematikan mode auto-battle sesuai dengan progress dan kebutuhan game masing-masing pemain.

Saat mengembangkan Genshin Impact, apa hal yang kalian pelajari yang menurut kalian sangat berguna saat mengembangkan Honkai: Star Rail?
Kami membentuk sebuah tim independen yang terdiri dari 400 orang untuk membuat karya Honkai: Star Rail. Tim yang mendedikasikan diri untuk mempersembahkan sebuah sekuel IP Honkai yang luar biasa kepada kalian semua dan sekaligus memasukkan gameplay turn-based yang tidak pernah kami coba sebelumnya. Jadi, game ini juga memberikan tantangan yang berbeda bagi tim produksi.
Di saat yang bersamaan, pengalaman dalam pengembangan banyak karya, termasuk pembuatan dan manajemen sumber daya platform, serta pengoptimalan karakteristik hardware yang digunakan di setiap platform, memberikan peran yang sangat besar terhadap karya kami ini.
Dengan meledaknya popularitas Genshin Impact, apakah kalian memiliki mindset atau pendekatan yang lebih global saat menggarap Honkai: Star Rail?
Honkai: Star Rail ditargetkan untuk pemain di seluruh dunia. Karena itu kami mengikuti cara globalisasi seperti banyak karya HoYoverse yang sebelumnya, yaitu menyediakan konten dalam berbagai bahasa untuk meningkatkan pengalaman bermain pemain secara keseluruhan.
Di aspek pengisian suara, kami juga menyediakan pengisi suara dalam bahasa Mandarin, Inggris, Jepang dan Korea untuk memenuhi keinginan pemain dengan pilihan yang berbeda.
Apakah kalian akan mengimplementasikan sistem battle pass?
Closed beta kali ini lebih terfokus pada penyempurnaan gameplay. Mengenai mekanisme pembayaran di game ini, kami masih mendiskusikannya secara internal. Jika ada informasi yang lebih jelas, kami pasti akan mempublikasikannya secara serentak dan tepat waktu kepada seluruh pemain.
Seperti apa roadmap untuk game-nya saat ini? Apakah sudah ada tanggal rilis untuk berbagai daerah?
Saat ini progress game ini berjalan dengan lancar. Mengenai tes closed beta yang akan datang, kami sangat menantikan masukan dari pemain untuk membantu kami menyempurnakan pengalaman bermain dan konten game, sehingga kami dapat memenuhi ekspektasi para pemain.
Ke depannya, kami akan lebih fokus untuk mengoptimalkan gameplay pertempuran strategi turn-based dan pengalaman eksplorasi maze agar dapat meningkatkan lebih banyak pengalaman memecahkan teka-teki dan keseruan strategi.
Selanjutnya, gameplay roguelike ke depannya juga akan menjadi salah satu pengkajian utama kami, tetapi kami tidak ingin membuatnya hanya menjadi stage tantangan saja. Ke depannya kami akan mencoba memasukkan gameplay ini ke dalam game pemain.
Mengenai jadwal perilisan versi resminya, kami akan mempublikasikannya secaraserentak dan tepat waktu kepada seluruh pemain.
Terima kasih kepada tim HoYoverse atas kesempatan wawancara ini!