Ini Penjelasan Cara Kerja Level Scaling di MMORPG Tower of Fantasy!

Bingung dengan cara kerja sistem level scaling di Tower of Fantasy dan dampaknya pada pemain lain? Yuk simak penjelasannya melalui artikel satu ini!
Menjual nama MMORPG, Tower of Fantasy merupakan sebuah game yang cukup unik. Jika dilihat secara sekilas, kemiripannya dengan Genshin Impact tentu tidak bisa dihindari, namun ada beberapa perbedaan jelas yang membuat ToF begitu seru untuk dimainkan.
Dan sebagai sebuah MMO, tentu kita harus mengetahui sistem yang diimplementasikan agar kita bisa memainkan ToF semaksimal mungkin. Dan salah satu sistem yang kali ini akan penulis jelaskan adalah level scaling.
Level monster mengikuti level karakter.

Satu hal yang membuat Tower of Fantasy berbeda dengan MMORPG pada umumnya adalah sistem level scaling yang digunakan. Pada MMORPG kebanyakan, level monster akan mengikuti area tersebut. Contohnya, monster dekat area kota berkisar antara level 3 menuju 5, sementara area yang lebih jauh memiliki level sekitar 10 ke atas.
Tower of Fantasy mengikuti sistem ini, namun dengan tambahan sistem level scaling. Setiap area baru yang didatangi, pada monster akan memiliki level minimum mereka sendiri. Namun, saat kalian melewati level tersebut, sistem level scaling akan diaktifkan.
Level Scaling mudahnya merupakan sebuah sistem dimana level pemain atau monster akan dibuat lebih imbang. Dalam kasus Tower of Fantasy, level monster akan terus mengikuti level sang pemain.
Lantas, bagaimana dengan pemain lain?

Inilah pertanyaan utama yang terkadang menjadi sesuatu yang membuka rasa penasaran pemain. Mengingat ini adalah sebuah MMORPG, terasa aneh apabila level monster akan terus naik, mengikuti progress sang pemain.
Lantas, bagaimana jika kita bertemu dengan pemain lain, misalnya yang baru level 20? Ataukah mereka tidak akan terlihat di “dunia” kita sendiri? Jawabannya mudah saja, kita tetap akan menemukan pemain lain, terlepas dari perbedaan level.
Pemain tersebut tetap akan melihat level monster sesuai dengan level mereka, sementara monster yang sama di mata kita akan terlihat sebagai level yang kita capai.
Mudahnya, tidak peduli berapa tinggi level kalian, nilai damage kalian tidak penting mengingat kalian dengan pemain tersebut akan menurunkan hp monster dengan persentasi yang sama.
Contohnya, pemain dengan level 20 dengan level 45 akan menurunkan sekitar 25 persen nyawa setiap kali menyerang monster yang sama. Sistem level scaling ini tentu akan membuat permainan lebih adil dan imbang pada skenario PvE.